cctv

Senin, 09 Januari 2017

CCTV

 CCTV


     CCTV merupakan sebuah sistem komputer menggunakan video kamera untuk menampilkan dan merekam gambar pada waktu dan tempat dimana perangkat tersebut terpasang. 
     CCTV adalah singkatan dari kata Closed Circuit Televisionyang artinya menggunakan sinyal yang bersidat tertutup atau rahasia, tidak seperti televisi biasa pada umumnya yang merupakan broadcast signal.
     CCTV pada umumnya digunakan untuk pelengkap sistem keamanan dan juga banyak dipergunakan di berbagai lokasi seperti bandara, kemiliteran, kantor, pabrik, dan toko,  Bahkan semakin berkembangnya teknologi, CCTV sudah dipasang dalam lingkungan rumah pribadi.


Camera CCTV berfungsi sebagai alat pengambil gambar. Camera CCTV terdiri dari beberapa tipe yang dibedakan dari segi fungsi, kualitas dan penggunaannya. Terdapat 2 kategori utama yang meliputi:

  • Camera CCTV Network
  • Camera CCTV Analog



 DVR kepanjangan dari Digital Video Recorder ialah salah satu perangkat yang diguanakan camera CCTV untuk merekam gambar atau yang dikirim oleh camera ke dalam perangkat ini. Terdapat 2 kategori penting didalamnya, yaitu:


1. PC Card DVR
 
2. Stand Alone DVR



  Terdapat bayak sekali fitur dari DVR yang bisa anda manfaatkan sebagai alat keamanan, contoh salah satunya ialah merekam semua kejadian atau peristiwa dimana hasil rekaman seringkali dipergunakan dalam kasus peradilan dalam membuktikan suatu perkara atau kejadian. Ada berbagai jenis DVR yang dapat digunakan dengan fitur dan keunggulan yang berbeda-beda. Keunggulan atau spesifikasi DVR inilah yang menentukan berapa banyak kamera yang dapat dipasang dan kualitas gambar yang dihasilkan.

     HDD adalah singkatan dari Hard Disk Drive yang merupakan media penyimpanan data dari gambar video yang telah direkam.Hard Disk Drive dipasang di dalam DVR. Semakin besar kapasitas HDD maka semakin panjang pula proses perekaman yang dapat dilakukan oleh CCTV tersebut.

 



 Ini adalah kabel yang merupakan kabel penghantar signal video dari kamera CCTV ke DVR, atau sebaliknya dari DVR ke monitor.

 

 

  
  Kabel ini diperlukan apabila kabel kamera CCTV yang disediakan tidak cukup panjang untuk menjangkau sumber listrik terdekat.

 

 


      
     Adalah konektor yang dipasang pada kabel coaxial.
Demikianlah artikel tentang pengertian CCTV. Semoga artikel singkat diatas bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi. Kami juga menawarnak pemasangan CCTV untuk wilayah Jawa Tengah khususnya sepanjang jalur pantura.
 






MACAM-MACAM KEGUNAAN CCTV
Sering kita melihat atau membaca berita tentang terungkapnya suatu kasus kejahatan karena rekaman kamera CCTV, bagaimana seseorang tertangkap kamera CCTV ketika tengah mencuri disebuah mini market, atau rekaman seorang pelaku kejatan ketika dia tengah berada di lobby hotel dan seterusnya.
Mungkin ada yang tidak mengetahui pengertian kamera CCTV dan apa fungsi atau gunanya, marilah kita coba kupas.
Closed Circuit Television atau lebih kita kenal dengan kamera CCTV adalah sebuah kamera video digital yang digunakan untuk memantau dan mengirimkan sinyal video pada suatu ruang atau area tertentu meneruskannya ke sebuah layar monitor. 
CCTV sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1942 oleh Siemens AG di Jerman pada acara peluncuran roket V-2 yang mana CCTV pada acara tersebut sendiri merupakan desain dari seorang ahli bernama Walter Bruch.
Seiring perkembangan teknologi, kamera CCTV kini digunakan di tempat-tempat umum seperti Bank, Sekolah, Kantor bahkan di rumah-rumah pribadi sekalipun, tiada lain guna memantau situasi ditempat-tempat dimaksud.
Fungsi kamera CCTV antara lain :
  1. PEMANTAUAN (MONITORING) ,Memonitor segala aspek pekerjaan atau aspek lainnya agar dengan monitoring segala sesuatu, diharapkan berjalan sesuai perencanaan misalnya CCTV di tempat kerja, di sekolah dsb atau memonitor situasi rumah beserta penghuninya seperti anak-anak dan keluarga lainnya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 
  2. PENCEGAHAN (DETERRENCE), dengan adanya CCTV diharapkan pihak-pihak lain yang akan bertindak diluar kehendak kita dapat berpikir dan bahkan membatalkan rencananya. 
  3. PENYELIDIKAN (INVESTIGATION), hasil rekaman CCTV dapat menjadi bukti awal dalam rangka penyelidikan suatu kasus. 
  4. BARANG BUKTI (EVIDENCE), tidak sedikit kasus kasus kriminal yang dapat dipecahkan dengan bukti rekaman CCTV yang bersifat nyata tak terbantahkan. 
  5. KEAMANAN (SECURITY), keberadaan CCTV ini dapat memantau segala aktifitas yang mungkin saja akan mendatangkan kerusakan, kehilangan, kerugian dsb.
Namun dibalik banyaknya manfaat dari kamera CCVT yang telah diuraikan, maka sebaiknya kita tidak terlalu menggantungkan aspek keamanan pada alat ini. Tidakan preventif rasanya akan lebih penting dan bermanfaat misalnya, meskipun di tempat kerja dipasang kamera CCVT untuk memantau kinerja karyawan, sebaiknya pula dibarengi dengan membuatan system managemen pekerjaan yang baik pula sehingga output yang dihasilkan oleh karyawan dapat maksimal tanpa harus di monitor dengan menggunakan kamera CCTV.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar